Wednesday 6 August 2014

Tidak Mengerti Dengan Jelas Apa Manfaat Dari Asuransi

Tidak terasa serial tulisan saya mengenai Pandangan Negatif Tentang Asuransi di Mata Nasabah sudah akan sampai pada bagian yang ke-5 (dari 9 bagian yang direncanakan). 

Untuk pengunjung setia blog saya Klik Agen Asuransi Allianz ini yang kebetulan kelewatan membaca 4 bagian tulisan sebelumnya, Anda bisa membaca-bacanya lebih dulu, agar bisa menemukan benang merah pembahasannya. Silakan dibaca dulu disini nih :
------------------------------------------
Bagi yang belum baca, silakan baca dulu :
Bagian Prolog --> KLIK DISINI
Bagian Ke-1 --> KLIK DISINI
Bagian Ke-2 --> KLIK DISINI
Bagian Ke-3 --> KLIK DISINI
Bagian Ke-4 --> KLIK DISINI
------------------------------------------

Pada bagian yang kelima ini akan saya bagikan cerita pengalaman saya dulu, mengapa dulu saya memiliki penilaian negatif tentang asuransi, yaitu : "Tidak Mengerti Dengan Jelas Apa Manfaat Dari Asuransi".

Yup, saya musti mengakui bahwa dulu saya cukup sering diprospek oleh para Agen Asuransi. Maklum saja, rumah orangtua saya dulu hanya berjarak satu rumah saja dengan sebuah kantor asuransi ternama, yang berada di Jalan Pemuda Selatan Klaten.

Tidak cuman itu saja, ada juga teman saya yang kebetulan menjadi Agen Asuransi Allianz yang juga sering menawari saya beberapa produk asuransi seperti misalnya Asuransi Jiwa Allianz, Asuransi Kesehatan Allianz, ataupun Asuransi Pendidikan Allianz.

Namun, meskipun sudah diprospek berkali-kali tetap saja masih berpikir negatif tentang asuransi dan Tidak Mengerti Dengan Jelas Apa Manfaat Dari Asuransi. Hehehe...

Kenapa tidak mengerti? Sebab cara penjelasan agen asuransinya itu terlalu teknis sekali. Terlalu fokus pada contoh hitung-hitungannya lebih dulu, bukan pada WIIFM-nya.

WIIFM ini maksud saya adalah "What It In For Me". Silakan dibrowsing sendiri saja apa artinya WIIFM itu.

Pokoknya intinya sih sebenarnya agen itu sebaiknya menjelaskan terlebih dahulu, mengapa sih si calon nasabah itu sebaiknya mulai berpikir betapa pentingnya memiliki perlindungan asuransi, serta menjelaskan alasan yang masuk akal bagaimana perbedaan memiliki manfaat antara nasabah yang punya asuransi dengan yang tidak.

Nah karena si agen tidak menjelaskan dengan gamblang dan jelas, yang betul-betul menyentuh sisi 'butuh'-nya si calon nasabah terhadap asuransi, maka ya bisa ditebak, saya sebagai calon nasabah tetap saja Tidak Mengerti Dengan Jelas Apa Manfaat Dari Asuransi.

Karena tidak mengerti dengan jelas manfaat yang didapatkan dengan ikut asuransi, secara otomatis ya berpikirnya simpel. "Buat apa ikut asuransi, cuman menghabiskan uang bulanan buat bayar premi asuransi tapi manfaatnya tidak jelas begitu"

Kurang lebih begitulah cara berpikirnya..!!

Jadi si calon nasabah juga tidak bisa disalahkan, mengapa mereka bisa memiliki Penilaian Negatif Tentang Asuransi, sebab si agen tidak menjelaskan dengan jelas, serta tidak membuat nasabah yang awalnya Tidak Mengerti Dengan Jelas Apa Manfaat Dari Asuransi akhirnya menjadi paham dan mengerti manfaatnya menjadi nasabah asuransi.

Dan itulah sekaligus bisa menjadi sebuah pembelajaran yang penting bagi para agen asuransi yang akan memprospek para calon nasabahnya. Buatlah mereka para calon nasabah yang Tidak Mengerti Dengan Jelas Apa Manfaat Dari Asuransi menjadi lebih mengerti. Berikanlah penjelasan yang sederhana dan diikuti dengan ilustrasi sederhana yang mudah dimengerti oleh si calon nasabah.

Itu sebuah pengalaman riil yang saya alami sendiri. So, jangan salahkan si calon nasabah asuransi kalo mereka memiliki Pandangan Negatif Tentang Asuransi (dalam pandangannya si calon nasabah), hehehe...

Tunggu saja, masih ada 4 hal lagi yang akan saya bagikan buat Anda mengapa saya dulu selalu berpikir negatif tentang asuransi.

So, ikuti saja terus tulisan saya di blog ini yaaa...


[ BERSAMBUNG BAGIAN KE-6 ]


Salam Allianz,

Hatta N Adhy PK, ST
No. HP : 0823 289 80000
Pin BB : 73CF8D93
Email : sangproklamator@yahoo.com

No comments:

Post a Comment